Tips Membuat Anggaran Keuangan Untuk Mahasiswa 

  • Whatsapp
Tips-Membuat-Anggaran-Keuangan-Untuk-Mahasiswa 
Foto dari Canva Pro

Siapa yang pernah mengeluh kalau membuat anggaran keuangan pribadi itu sangat sulit? Terutama untuk mahasiswa yang sering beralasan bahwa jadi mahasiswa itu belum bisa mengatur keuangan karena belum memiliki pemasukannya sendiri. Mengatur keuangan selama menjadi mahasiswa sebetulnya nggak terlalu sulit, lho. Justru mudah jika kita masih diberikan uang saku sama orang tua untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Namun untuk yang hidup sendiri atau merantau dan lepas dari orang tua, yang namanya anggaran keuangan harus benar-benar dikelola dengan baik. Karena jika tidak, kamu akan terjebak dalam berbagai macam kesulitan keuangan seperti sulit membayar uang semesteran atau bayar buku misalnya. Sebetulnya, bagaimana sih cara mengatur uang jajan yang baik bagi mahasiswa? Disinilah pentingnya kamu perlu belajar mengelola keuangan yang baik. Yuk, simak tips cara mengatur keuangan yang baik untuk mahasiswa di bawah ini :

1. Disiplin Menabung

Disiplin dalam menabung tentunya akan sangat berguna bagi kita di kemudian hari. Selalu prioritaskan tabungan saat kita menerima uang saku, baik itu dari orang tua atau sanak keluarga lain. Tabungan yang secara disiplin dan rutin kita lakukan dapat digunakan untuk investasi kecil-kecilan, diantaranya seperti membeli laptop atau printer yang merupakan beberapa barang kebutuhan dalam pembuatan tugas kuliah sebagai mahasiswa.

2. Memanfaatkan Sumber Pemasukan

Memanfaatkan sumber pemasukan lain selain dari uang saku orang tua. Diantaranya melakukan usaha kecil-kecilan hingga bekerja sampingan seperti freelance atau kerja partime. Cobalah untuk mencari pekerjaan sampingan yang memiliki jam kerja fleksibel agar tidak terlalu banyak menyita waktu kuliah dan belajarmu.

3. Belanja Sesuai Kebutuhan

Gaya hidup yang konsumtif dan hedonis memaksa kita untuk selalu tampil sempurna. Untuk menghindarinya, kamu perlu membuat list berbagai jenis kebutuhan yang benar-benar kamu butuhkan selama satu bulan. Dengan memiliki daftar belanjaan untuk kehidupan selama sebulan, maka kamu hanya akan terfokus pada barang-barang yang kamu butuhkan saja. Ingat, prioritaskan barang kebutuhan, bukan barang keinginan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *