Mengintip Peluang Bisnis Kedai Teh Yang Menggiurkan

September 13, 2020 0 By admin
Mengintip-Peluang-Bisnis-Kedai-Teh-Yang-Menggiurkan

Foto dari Canva Pro

Ajakan untuk pergi meminum kopi kini menjadi gaya hidup para milenial. Realita yang ada, meski pergi ke kedai kopi konsumen masih banyak yang memesan varian teh karena lebih nyaman di minum. Rasa teh yang lebih ringan membuat minuman ini tetap digemari semua kalangan. Bisnis kedai teh dapat menjadi bisnis yang segar di tengah maraknya kedai kopi yang bermunculan. Berikut peluang menggiurkan dari bisnis warung teh.

Alasan Mengapa Membuka Usaha Kedai Teh Menjanjikan

1. Salah Satu Negara Penghasil Teh Terbesar

Kualitas teh yang ada di Indonesia tidak perlu diragukan lagi, karena sudah diakui dunia. Kondisi tanah yang berada di Indonesia sangat cocok untuk menanam komoditi ini. Sehingga, jenis teh di Indonesia terbilang cukup banyak, bahkan teh dari negara lain dapat tumbuh subur di Indonesia. Varietas yang terkenal dari Indonesia adalah teh hitam dan teh hijaunya. Tanaman ini diperkenalkan masuk ke Indonesia sudah sejak jaman koloni Belanda.

2. Tradisi Minum Teh

Indonesia juga memiliki tradisi minum teh yang dilakukan secara turun temurun. Beberapa tradisi minum teh di Indonesia yaitu, teh poci yang berasal dari Cirebon dan sekitarnya. Sedangkan di Sunda, terdapat tradisi “nyaneut” yaitu tradisi minum teh pada perayaan tahun baru islam. Hingga kini, teh masih menjadi minuman yang digemari banyak orang. Sangat lekat dengan masyarakat, tentu menjadi peluang bisnis yang bagus untuk membuat bisnis kedai teh.

3. Racikan Teh Aneka Rasa Mulai Digemari

Dibandingkan kopi yang memiliki rasa pekat, teh cenderung lebih ringan sehingga cocok untuk dicampur dengan beberapa rasa lainnya. Yang populer ialah campuran teh dengan rasa buah-buahan yang sedikit kecut seperti berry hingga leci. Selain dipadukan dengan buah, teh juga sangat cocok dicampur dengan bunga yang aromatik. Seperti teh melati, teh chamomile dan rosella. Yang menjadi tren saat ini adalah teh susu dengan tambahan toping seperti boba.

Keberadaan kedai teh, memang tak sebanyak kedai kopi saat ini. Namun, bukan berarti prospek bisnis ini tidak menjanjikan. Memilih membuka kedai teh di tengah ramainya bisnis kedai kopi, tentu menjadi pilihan segar bagi konsumen. Peralatan yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini pun juga terbilang lebih mudah, karena tidak memerlukan mesin seperti kopi. Terlebih, teh juga banyak digemari oleh masyarakat sehingga tidak akan ditinggalkan para peminatnya.