Memahami 4 Alasan Pentingnya Minum Susu bagi Lansia

Memahami-4-Alasan-Pentingnya-Minum-Susu-bagi-Lansia
Foto dari Canva

Seiring usia yang bertambah tua, tubuh akan mengalami penurunan kemampuan melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, lansia harus tetap mengkonsumsi makanan yang bernutrisi guna mendukung kesehatan tetap optimal. Selain itu, pastikan Anda memahami pentingnya minum susu untuk lansia agar tubuh tetap bisa melakukan aktivitas fisik tanpa mudah lelah atau alami risiko osteoporosis. Pilih produk susu di pasaran yang memiliki kandungan rendah lemak sehingga tidak memicu masalah obesitas pada lansia, ya!

Kenapa Lansia Perlu Minum Susu Secara Rutin?

Susu merupakan salah satu sumber nutrisi yang mengandung kalsium, vitamin D dan unsur mineral lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan asupan kalsium dan vitamin D yang cukup, massa otot dan tulang yang tidak rentan rapuh bisa membuat lansia tetap bisa beraktivitas tanpa bantuan orang lain. Supaya Anda lebih memahami pentingnya minum susu untuk lansia, maka simak beberapa manfaat konsumsi susu secara rutin berikut :

1. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis bisa melanda siapa saja, bahkan wanita dan pria yang berusia sekitar 30 tahun sudah rentan mengalami kondisi tulang alami kerapuhan ini. Dengan rajin minum susu sejak usia dini, Anda bisa terhindar dari risiko pengeroposan tulang yang bisa menyebabkan sakit pada persendian. Kasus osteoporosis acap mendera wanita yang sudah berusia lanjut, bahkan wanita yang sudah memasuki tahapan menopause.

2. Bisa meningkatkan kesehatan jantung pada lansia

Jantung merupakan organ vital manusia yang bertugas memompa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Kalium pada susu bisa membantu mengeluarkan natrium dari dalam tubuh lewat cairan urine. Lansia perlu mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya kalium agar terhindar dari risiko tekanan darah tinggi. Meskipun Anda disarankan untuk mengkonsumsi kalsium, tetapi konsultasikan dengan dokter bila Anda memiliki riwayat penyakit ginjal.

3. Mencegah osteoarthritis

Lansia pasti sering mengeluhkan masalah radang sendi yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi osteoarthritis bisa membuat Anda mengalami rasa sakit, nyeri, kemerahan hingga bagian tubuh sulit digerakkan, misalnya lutut. Ada baiknya mulai menata menu harian yang kaya kalsium, vitamin D dan protein yang bisa mencegah peradangan pada sendi.

Meskipun Anda bisa mendapatkan asupan nutrisi yang bisa mencegah osteoarthritis dari makanan kaya kalsium dan vitamin D seperti keju atau yoghurt, tapi usahakan memilih produk susu khusus lansia yang lebih rendah lemak.

4. Bisa menjaga massa otot lebih maksimal

Fungsi minum susu secara rutin adalah menjaga massa otot lansia yang berkurang karena faktor degeneratif. Kebutuhan protein pada lansia lebih tinggi sebab tubuh lansia mengalami penurunan produksi protein. Padahal tubuh memerlukan asupan protein dalam sistem gerak sehingga Anda harus rajin minum susu mulai sekarang.

Massa otot yang terjaga juga bisa membuat tubuh lebih bugar dan siap beraktivitas tanpa kendala. Pasalnya, lansia identik dengan penyusutan berat badan karena massa otot yang berkurang. Mulai rencanakan masa depan Anda lebih baik dengan menambah asupan protein tinggi dari susu khusus lansia, ya!

Meskipun Anda harus rajin minum susu khusus lansia, tetapi Anda harus tetap menjaga pola hidup yang sehat dengan rajin berolahraga dan istirahat yang cukup. Pilih jenis olahraga ringan yang bisa membuat tubuh tetap bugar meskipun usia sudah semakin menua. Jalan kaki minimal 10-30 menit setiap hari bisa membantu kesehatan otot dan tulang lansia, lho. Menerapkan pola hidup sehat sekaligus mengaplikasikan pentingnya minum susu untuk lansia akan membantu Anda terhindar dari risiko penyakit usia tua mulai sekarang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.