Jenis Barang yang Dilarang Kirim Lewat Cargo

  • Whatsapp
Jenis-Barang-yang-Dilarang-Kirim-Lewat-Cargo
Foto dari Canva Pro

Jalur udara menjadi salah satu pengiriman barang ke luar negeri yang paling disukai karena lebih praktis dan cepat. Bila Anda berencana kirim paket lewat cargo, ada baiknya mengetahui beberapa barang yang masuk daftar dangerous goods. Semua hal harus Anda persiapkan dan sesuai dengan peraturan IATA atau International Air Transport Association. Anda bisa membayar ongkir ke Singapore cukup terjangkau, tapi Anda harus tahu jenis barang yang akan ditolak kirim lewat cargo.

Daftar barang yang masuk kategori dangerous goods

Sebelum Anda mengirimkan paket dan menanggung ongkir ke Singapore lewat cargo, sebaiknya ketahui beberapa daftar yang masuk kategori dangerous goods berikut :

1. Barang yang mudah terbakar

Hal ini bisa membahayakan penerbangan pesawat sehingga Anda harus menghindari pengiriman barang yang mudah terbakar seperti semua jenis barang dalam bentuk gas, cairan mudah terbakar, benda padat mudah terbakar, dan lain-lain.

2. Barang yang gampang meledak

Pesawat bisa saja alami kecelakaan bila mengangkut barang yang gampang meledak seperti petasan, peluru, kembang api, bubuk mesiu, dan lain-lain.

3. Alkohol

Alkohol dilarang dikirim via cargo, termasuk parfum dengan konsentrat alkohol tinggi.

4. Senjata api

Barang yang dilarang kirim ke Singapura dan negara lain adalah senjata api dan senjata tajam yang dikhawatirkan bisa membahayakan keselamatan orang lain.

5. Barang magnetic

Membawa benda yang mengandung magnet dikhawatirkan bakal mengganggu kompas pesawat selama penerbangan, misalnya dinamo, ponsel pribadi pun harus dimatikan atau diaktifkan dalam mode pesawat.

6. Obat dan narkoba

Jenis obat-obatan, narkoba dan psikotropika tidak boleh dikirim dalam bentuk paket ke luar negeri.

7. Barang yang melanggar norma kesusilaan

Anda tidak boleh mengirim barang yang mengandung pelanggaran norma kesusilaan seperti artikel cabul, publikasi, video atau kaset yang mengandung unsur pelanggaran norma, dan lain-lain. Barang yang melanggar peraturan perundang-undangan tidak boleh dikirim lewat penerbangan cargo.

8. Benda lain

Adapun jenis benda lain yang masuk kategori terlarang dikirim ke luar negeri antara lain hewan, perhiasan, tanaman, jasad manusia baik utuh atau sebagian, dan masih ada beberapa barang lain. Ada peraturan memperbolehkan kirim hewan bila ekspedisi memiliki izin resmi terkait pengiriman tersebut, termasuk perhiasan atau surat berharga yang memiliki legalitas dari lembaga. Benda biologis yang berpotensi menularkan penyakit pada orang lain jelas terlarang, ya!

Kirim paket ke luar negeri untuk teman atau saudara bisa lebih mudah bila memilih ekspedisi yang tepat. Jangan sampai paket Anda ditolak hanya karena produk masuk dalam kategori dangerous goods ini, ya! Bila paket yang Anda kirimkan tidak melanggar peraturan, maka Anda bisa mengirim barang lebih mudah, praktis dan murah. Gunakan layanan jasa ekspedisi yang murah dan bergaransi resmi, termasuk kemudahan mengecek ongkir ke Singapore yang lebih terjangkau dibandingkan dengan pesaing lain.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *