Ingin Mendapatkan Manfaat Minyak Ikan? Ibu Hamil Wajib Tahu Dosis yang Benar

Ingin-Mendapatkan-Manfaat-Minyak-Ikan-Ibu-Hamil-Wajib-Tahu-Dosis-yang-Benar
Foto dari Canva

Minyak ikan merupakan salah satu asupan yang penting bagi ibu hamil untuk meningkatkan perkembangan otak dan saraf janin. Biasanya ibu hamil bisa membeli minyak ikan di pasaran yang terbuat dari lemak ikan tuna, mackerel, ikan paus, dan lain-lain. Kandungan omega-3 dan DHA pada minyak ikan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sang ibu, mengurangi risiko penyakit jantung dan bisa mencegah depresi setelah melahirkan. Meskipun demikian, Anda harus tahu dosis konsumsi minyak ikan untuk ibu hamil yang tepat sesuai anjuran dokter.

Takaran Konsumsi Minyak Ikan untuk Ibu Hamil

Minyak ikan aman dikonsumsi dalam jumlah wajar agar manfaat kesehatan bisa Anda dapatkan. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh sendiri saja, minyak ikan yang Anda konsumsi sagat bermanfaat dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan buah hati yang ada dalam kandungan.

Supaya Anda lebih paham mengenai prosedur dosis konsumsi minyak ikan untuk ibu hamil yang tepat, maka simak beberapa hal penting dalam ulasan berikut :

1. Dosis konsumsi minyak ikan

Berdasarkan keterangan dari World Health Organization atau WHO, ibu yang tengah hamil direkomendasikan konsumsi minyak ikan sekitar 133 mg-3 gram per hari. Selain bisa langsung mengkonsumsi minyak ikan yang dijual di pasaran, Anda bisa mendapatkan asupan minyak ikan dari menu harian.

Salah satu minyak ikan yang sangat baik dikonsumsi berasal dari ikan salmon, lho! Anda bisa mengkonsumsi minyak ikan dari ikan salmon yang dimasak sekitar 300 gram saja. Konsumsi dalam batas yang sesuai dengan anjuran dokter bisa membuat Anda menjadi lebih kebal, terhindar dari risiko hipertensi saat melahirkan dan bisa memaksimalkan produksi ASI kelak.

2. Lebih baik tidak konsumsi minyak ikan cod

Bila minyak ikan cod baik dikonsumsi anak-anak dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, tapi ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi minyak ikan cod. Kandungan vitamin A dan retinol pada minyak ikan sangat tinggi sehingga memiliki risiko ibu hamil akan melahirkan bayi yang lahir cacat. Hindari minyak ikan dari hati ikan cod bila Anda memiliki kadar retinol yang cukup tinggi, ya!

3. Pilih minyak ikan yang berkualitas

Banyak ibu hamil yang enggan mengkonsumsi minyak ikan karena ada suplemen yang berbentuk kapsul atau cair memiliki aroma terlalu amis. Anda harus tahu bahwa minyak ikan yang berkualitas tidak memiliki aroma yang amis. Pastikan Anda selektif membeli suplemen minyak ikan yang kredibel agar bisa memberikan manfaat kesehatan yang optimal, ya!

4. Bahaya konsumsi minyak ikan

Meskipun minyak ikan dikenal sangat baik dalam mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan, Anda harus tahu anjuran dan larangan konsumsi minyak ikan. Minum dosis yang terlalu banyak bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan Anda sendiri, terutama bayi yang tengah ada dalam kandungan. Bisa jadi darah Anda tidak bisa membeku dengan benar, bisa menyebabkan risiko bayi lahir cacat dan hati-hati mengkonsumsi minyak ikan dari perairan dingin yang mengandung merkuri tinggi.

Dari beberapa hal tentang dosis konsumsi minyak ikan untuk ibu hamil yang tepat di atas, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi suplemen minyak ikan dalam bentuk kapsul atau cair. Ada baiknya Anda mencari informasi pilihan produk yang telah terdaftar di BPOM RI demi menghindari risiko buruk kesehatan. Salah pilih produk yang kurang berkualitas atau berasal dari lemak ikan perairan dingin bisa menyebabkan masalah serius bagi kesehatan Anda. Yuk, konsumsi minyak ikan untuk ibu hamil sesuai dengan anjuran dokter terpercaya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.