Ikuti Tips Tetap Sehat Saat Hari Lebaran

May 8, 2020 0 By admin
Ikuti-Tips-Tetap-Sehat-Saat-Hari-Lebaran

Foto dari Canva Photos Unlimited

Sudah tidak sabar dengan momen lebaran? Pastinya lebaran akan terasa seru dan menyenangkan apalagi bisa berkumpul dengan keluarga. Banyak hidangan yang disajikan di hari lebaran. Melihat fenomena makanan dan tentu dipersilahkan makan saat bersilaturahmi maka harus menjaga tubuh agar terhindar dari konsumsi kolesterol serta gula berlebihan. Tips makan sehat saat lebaran ini bisa menjadi alarm untuk tetap mengontrol pola makan, simak di bawah ini:

1. Awas “Lapar Mata”

Inilah sikap yang biasanya muncul saat lebaran, yaitu “Lapar Mata”. Karena biasanya di bulan puasa bisa mengontrol kapan harus makan dan makanan yang masuk. Selain itu dibatasi karena alarm kenyang berbunyi saat setelah buka puasa yang cukup.atau pada saat makan sahur.

Sementara itu jika momen lebaran, alarm kenyang tidak dibatasi oleh waktu karena sudah tidak perlu menahan lapar dan dahaga. Ini yang berbahaya, segala yang disajikan segera dimakan karena terlihat lezat. Sebaiknya tahan diri agar tubuh tetap sehat di hari lebaran.

2. Batasi Makanan Mengandung Lemak

Untuk lebih memahami cara makan sehat saat lebaran bisa dengan bantuan aplikasi pada Hp yang bisa di download dengan kuota android 4G LTE murah. Kontrol makanan selama lebaran dengan bantuan aplikasi tersebut. Selain itu cobalah untuk memilih makanan yang tidak mengandung lemak. Namun, sangat sulit menemukan makanan tidak berlemak saat lebaran.

Maka batasi konsumsi disaat menyantap hidangan. Misalnya saja jika hidangan bersantan, cukup ambil kuahnya sedikit saja. Pilih minuman yang mengandung vitamin C tinggi atau konsumsi buah agar bisa mengingat lemak dalam tubuh.

3. Makan Dengan Perlahan

Terkadang saat makan di hari lebaran lebih sering melakukannya dengan cara yang berlebihan. Dikarenakan pada hari puasa terbatas saat makan maka dihari lebaran bisa makan sesering mungkin. Jika hal tersebut dilakukan, maka akan mengganggu pencernaan pada tubuh, lambung menjadi bekerja lebih keras dari biasanya.

Oleh karena itu, lakukanlah makan dengan cara perlahan dan porsi yang sedikit saja. Pilihlah beberapa makanan yang favorit, jangan sampai semua makanan yang terhidang itu harus dirasa semuanya.

Inilah beberapa tips makan sehat saat lebaran yang bisa menginspirasi untuk tetap jaga pola makan agar sehat. Jadi momen lebaran tidak harus disambut dengan makan berlebihan. Tetap tenang dan gunakan jurus jaga mata serta ingat sudahi makan sebelum kenyang.

Selain itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi buah dan sayur agar tetap sehat. Atau bisa juga melakukan diet setelah lebaran dengan batuan aplikasi di android 4g lte murah.