Cara Merawat Cat Motor Dop agar Tidak Cepat Rusak

May 21, 2020 0 By admin
Cara-Merawat-Cat-Motor-Dop-agar-Tidak-Cepat-Rusak

Foto dari Canva Photos Unlimited

Saat ini sepeda motor dengan warna drop sedang menjadi tren. Beberapa pabrik motor melengkapi line-up kelirnya dengan warna dop, bahkan dari produk entry-level hingga premiumnya. Namun, cara merawat cat motor dop ini memang khusus agar tidak cepat rusak dan memudar.

Perawatan Motor Warna Dop

Motor yang memiliki cat warna dop akan lebih cepat memudar apabila sering dijemur. Maka dari itu, Anda perlu melakukan perawatan yang benar agar cat motor tetap awet. Berikut adalah cara untuk melakukan perawat pada cat dop.

1. Penggunaan Sabun Cuci yang Benar

Saat Anda akan mencuci motor, pilihlah sabun cuci yang benar. Anda bisa memakai sabun cuci khusus kendaraan, lebih baik jangan gunakan sabun yang mengandung deterjen. Motor dengan cat dop memiliki eternitas kepudaran lebih cepat dua kali lipat daripada cat motor jenis metalic.

2. Cara Mencuci

Saat mencuci pastikan motor Anda dalam keaadaan mesin tidak panas, karena mencuci motor saat mesin masih panas berbahaya. Motor yang masih panas apabila dicuci dengan air dingin akan menyebabkan blok mesin motor retak dan juga membuat leher knalpot yang berwarna krom akan menguning.

Hindarilah mencuci motor di tempat yang panas agar warna tidak cepat pudar. Saat mencuci gunakanlah spoon yang lembut atau kain microfiber agar motor tidak baret karena warna dop lebih mudah terlihat jika terdapat baret.

3. Mengeringkan Motor

Keringkan motor dengan jenis kain kanebo dan akhiri dengan mengelap dengan kain microfiber kering agar tidak menimbulkan bercak pada body motor. Sebaiknya Anda juga tidak memoles motor dengan warna glossy atau metalic karena warna dop bisa menjadi mengkilap.

4. Perawatan Tanpa Dicuci

Apabila Anda tidak sempat mencucinya. Anda juga bisa menggunakan baby oil untuk membersihkan motor dengan warna dop. Caranya pun sangat mudah, oleskan saja baby oil ke permukaan motor warna dop yang ingin dibersihkan menggunakan kain atau serat yang halus. Oleskan secara merata dan agak sedikit ditekan.

Itulah beberapa cara merawat cat motor dop yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan praktis. Pastikan Anda melakukan perawatan motor dengan warna cat dop dengan benar dan tepat agar warna dop tidak cepat mudah dan motor tidak akan terlihat lusuh.