Cara Mencuci Sepatu Olahraga yang Tepat

June 21, 2020 0 By admin
Cara-Mencuci-Sepatu-Olahraga-yang-Tepat

Foto dari Canva.com Photos Unlimited

Melakukan olahraga secara rutin merupakan salah satu cara agar Anda bisa tetap memiliki badan yang sehat. Dalam melakukan aktivitas tersebut, Anda tentu akan menggunakan berbagai perlengkapan yang Anda butuhkan, salah satunya adalah sepatu khusus olahraga seperti berbagai koleksi sepatu olahraga Calci. Ketika Anda menggunakan sepatu olahraga secara sering, sepatu olahraga yang Anda kenakan mungkin akan terkena debu dan kotoran sehingga Anda harus mencucinya.

Mencuci Sepatu Olahraga

Namun Anda juga harus mengetahui cara mencuci sepatu olahraga yang tepat agar sepatu olahraga Anda bisa tetap awet dan tahan lama.

1. Melepaskan tali dan aksesoris

Agar sepatu olahraga bisa Anda cuci dan bersihkan dengan lebih maksimal, lepaskan terlebih dulu tali sepatu. Jika ada aksesoris lain yang menempel pada sepatu, maka sebaiknya lepaskan dahulu aksesoris tersebut. Dengan melepaskan tali dan aksesoris, Anda akan lebih mudah membersihkan bagian-bagian sepatu terutama di bagian dalam. Jangan lupa juga untuk mencuci tali sepatu yang sudah Anda lepaskan sebelumnya karena debu dan kotoran juga bisa menempel pada tali sepatu.

2. Menggunakan deterjen dan baking soda

Selama ini mungkin Anda mengira bahwa baking soda hanya bisa dimanfaatkan untuk bahan pembuat kue saja. Padahal, baking soda juga memiliki banyak manfaat lain, salah satunya adalah sebagai bahan untuk membersihkan sepatu olahraga Anda. Dengan mencampurkan baking soda dengan deterjen, Anda telah membuat larutan yang bisa menghilangkan bau tidak sedap yang sering hinggap pada sepatu, terutama sepatu olahraga yang seringkali digunakan saat kaki berkeringat.

Untuk membuat larutan ini, Anda hanya membutuhkan sekitar setengah sendok makan deterjen yang kemudian Anda campurkan dengan sedikit baking soda. Kemudian tambahkan sedikit air untuk melarutkannya. Larutan ini sudah siap dipakai untuk menghilangkan bau pada sepatu Anda. Caranya yaitu dengan mengoleskan campuran baking soda dan deterjen tersebut pada bagian dalam sepatu kemudian diamkan selama 15 menit sebelum Anda membilasnya.

3. Mencuci sepatu dengan teknik yang tepat

Mencuci sepatu olahraga dengan teknik yang tepat akan membuat koleksi sepatu Calci dan sepatu olahraga Anda lainnya bisa tetap awet dan tahan lama. Teknik yang tepat untuk mencuci sepatu olahraga ini bisa Anda mulai dengan menyikat bagian luar sepatu terlebih dahulu.

Sikatlah secara lembut pada bagian badan sepatu, namun berikan sedikit penekanan ketika Anda menyikat bagian sol dan bagian alas sepatu. Setelah selesai pada bagian luar, beralihlah ke bagian dalam dengan cara menyikat lembut.

Setelah selesai semua bagian, bilaslah sepatu olahraga tersebut dengan air hingga tidak menyisakan busa sama sekali. Jangan lupa juga untuk mencuci tali sepatu yang sudah Anda lepaskan sebelumnya.

4. Menjemur sepatu dengan tepat

Anda bisa menjemur sepatu olahraga yang telah Anda cuci di bawah terik matahari ataupun sekedar diangin-anginkan saja. Cara menjemur sepatu adalah dengan mengeluarkan bagian atas sepatu ke arah luar. Posisi ini akan membuat sepatu olahraga Anda bisa lebih cepat kering.

Setelah sepatu olahraga kering, barulah Anda pasangkan kembali tali sepatu yang juga sudah dijemur dan dikeringkan. Sebaiknya Anda mencuci dan menjemur sepatu di pagi hari agar sepatu bisa langsung kering di hari yang sama untuk mencegah bau tidak sedap.

Itulah cara yang benar untuk mencuci koleksi sepatu Calci atau sepatu olahraga Anda lainnya agar bisa tetap awet dan tahan lama. Semoga informasi di atas bisa membantu, ya!