Awas Beli Kendaraan Dengan BPKB Palsu, Berikut Ini Tips Membedakannya

November 8, 2019 0 By admin

Mendekati Hari Raya Idul Fitri, tidak cuma motor baru yang banyak dicari warga Tanah Air, tetapi kendaraan sisanya. Tidak hanya memeriksa keadaan kendaraan, hal yang butuh dilihat waktu beli motor sisa adalah kelengkapan beberapa surat.

Sebab bukan mustahil, motor yang di jual mempunyai surat kelengkapan palsu. Hingga, Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) yang disebut surat pokok satu kendaraan, harus dicheck dengan cermat.

Agar tidak tertipu, berikut langkah gampang tahu BPKP asli atau palsu.

Mempunyai 5 ciri, hal pertama yang butuh dilihat adalah memerhatikan cover BPKB. Untuk yang asli akan kelihatan lebih mengkilap dibanding versus palsu.

Lihat hologram pada BPKB, bila asli warna yang ada pada hologram tidak beralih atau masih berwarna silver bila terserang sorotan cahaya. Untuk BPKB palsu bila terserang cahaya menjadi warna kuning atau pancarkan warna kuning.

Ada nomor dibagian bawah hologram yang berperan mengkategorikan pemilik kendaraan berdasar domisilinya. Meskipun begitu beberapa nomor tidak bisa dibaca kerena sifatnya rahasia.

Ciri seterusnya adalah jati diri pemilik, untuk BPKB yang palsu umumnya akan kelihatan seperti telah diciptakan lagi sebelumnya setelah dihapus.

Hal paling akhir yaitu halaman ke-14 akan ada simbol Korlantas cuma bila disinari memakai ultraviolet. Diluar itu, kertasnya memiliki tekstur kasar ikuti skema yang ada di simbol.