5 Makanan Ini Dapat Mencegah Penggumpalan Darah

November 9, 2019 0 By admin

Penggumpalan darah memang proses yang penting, tapi bila terlalu berlebih pasti berefek pada kesehatan Anda, terhitung serangan jantung serta stroke. Supaya ini tidaklah sampai memunculkan dampak fatal, ada banyak bahan alami yang bisa Anda pakai jadi makanan pengencer darah.

1. Kunyit

Salah satunya makanan alami yang diakui jadi pengencer darah ialah kunyit. Rempah berwarna kuning ini memiliki kandungan kurkumin yang bertindak jadi antikoagulan.

Hal itu dibuktikan lewat satu riset pada tahun 2012 mengenai kegiatan antikoagulan pada kunyit yang digunakan untuk bumbu kari. Kurkumin bisa menahan berlangsungnya penggumpalan darah dengan menghalangi beberapa faktor pembekuan darah.

2. Bawang putih

Tidak hanya kunyit, bawang putih adalah makanan pengencer darah yang mempunyai karakter antibiotik alami serta antimikroba. Satu siung bawang putih memiliki kandungan alisin, yakni senyawa aktif yang diakui bertindak jadi antikoagulan.

Satu riset pada bubuk bawang putih yang tidak bau menunjukkan hal itu. Riset itu tunjukkan jika type bawang putih ini menunjukkan kegiatan antitrombotik.

Senyawa antitrombotik adalah zat yang bisa kurangi penggumpalan darah. Itu penyebabnya, bawang putih dipercaya bisa mencairkan darah walau dampaknya cuma sesaat.

Jika Anda ingin memakai bahan itu supaya pembekuan darah bisa dihindari, coba untuk tanyakan terlebih dulu dengan dokter.

3. Nanas

Tahukah Anda jika nanas memiliki kandungan senyawa bromelain yang nyatanya dapat menolong menahan pembekuan darah?

Satu riset pada tahun 2012 mengulas mengenai pemakaian bromelain jadi anti pembekuan darah pada tubuh.

Bromelain didapati bisa menghalangi pengerjaan fibrin pada tubuh, yakni protein yang mengakibatkan darah menggumpal.

Beberapa periset mengaitkan jika bromelain bertindak jadi agen fibrinolitik yang cukup efisien untuk turunkan fibrin. Diluar itu, enzim nanas ini berbentuk anti-peradangan.

4. Kacang almond

Bukan sekedar nanas, kacang almond diakui jadi makanan pengencer darah. Hal itu karena vitamin E pada kacang almond bisa digolongkan jadi antikoagulan mudah.

Dampak antikoagulan pada vitamin E sebetulnya bergantung pada sebegitu banyak dosis yang satu orang gunakan.

Belumlah ada riset yang betul-betul menerangkan berapakah banyak vitamin E yang perlu dikonsumsi jadi salah satunya pengencer darah dengan aman.

Oleh karenanya, upayakan konsultasi dengan dokter Anda terlebih dulu supaya Anda tahu dosis yang pas untuk badan Anda.

5. Vitamin E

Seperti yang telah diulas awalnya, kacang almond terhitung dalam kelompok makanan pengencer darah sebab memiliki kandungan vitamin E.

Vitamin E diakui bisa kurangi kegiatan pembentukan darah walau dampaknya benar-benar bergantung pada keadaan tubuh satu orang. Diluar itu, belumlah ada eksperimen yang pastikan batas aman mengonsumsi vitamin E untuk mencairkan darah.

Karenanya, semakin lebih aman untuk konsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin E agar menolong mencairkan darah Anda, misalnya:

  • Biji-bijian
  • Minyak biji gandum
  • Biji bunga matahari
  • Minyak bunga matahari

6. Jahe

Rempah yang lain yang disebut-disebut jadi makanan pengencer darah ialah jahe. Jahe memiliki kandungan asam asetilsalisilat alias aspirin. Asetilsalisilat adalah turunan asam salisilat yang dipercaya jadi pengencer darah yang cukup kuat.

Dampak antikoagulan alami ini dapat Anda temukan dengan beberapa langkah, seperti konsumsi jahe mentah-mentah, air jahe atau memakainya jadi bumbu makanan.

Walau begitu, jahe berbeda tingkat efektivitasnya dengan obat pengencer darah sebab dampak jahe pada pembekuan darah belum juga demikian jelas.

Beberapa macam makanan yang bisa kurangi efek penggumpalan darah di atas mungkin belum betul-betul teruji dengan klinis. Diluar itu, dampaknya tidak bisa dibanding dengan obat spesial pencegah penggumpalan darah.

Kebanyakan mengonsumi makanan yang bisa mencairkan darah bisa membuat Anda beresiko pada perdarahan. Itu penyebabnya, konsultasikanlah dengan dokter terlebih dulu sebelum konsumsi makanan yang diakui jadi pengencer darah di atas.