5 Langkah Membersihkan Rumah dalam Waktu 4 Jam

October 19, 2020 0 By admin
5-Langkah-Membersihkan-Rumah-dalam-Waktu-4-Jam

Foto dari Canva Pro

Membersihkan rumah merupakan kegiatan yang menyita waktu. Bukan hanya harus menyiapkan berbagai peralatan juga perlu menyediakan pembersih lantai paling wangi, pembersih kaca, pembersih karat, pewangi ruangan, dan lain sebagainya.

Membersihkan rumah dengan cepat

Kegiatan membersihkan rumah terkadang membuat Anda menghabiskan terlalu banyak waktu. Karena itu, sangat perlu mengetahui bagaimana cara membersihkan rumah dengan langkah cepat dan hanya perlu waktu singkat. Nah, kali ini ada 5 langkah mudah membersihkan rumah dalam waktu 4 jam saja. Mari simak yang berikut ini:

 1. Persiapan Bersih-bersih dalam 10 Menit

Pertama, membersihkan rumah memerlukan konsentrasi tingkat tinggi. Karena Anda harus fokus sehingga tak meninggalkannya di tengah jalan. Lakukan persiapan sebelum melakukan kegiatan bersih-bersih, yaitu menyiapkan peralatan yang diperlukan mulai dari sapu, kemoceng, penyedot debu, kain lap, pel lantai, dan segala macam produk pembersih.

Jika peralatan tempur sudah siap, selanjutnya persiapkan hal yang membuat Anda merasa nyaman. Misalnya, memutar musik atau lagu yang disukai. Bisa juga menyalakan radio. Namun, jangan sekali-kali menyalakan televisi karena akan memperlambat kegiatan Anda. Untuk sementara koneksi internet pun bisa dimatikan agar konsentrasi tidak pecah.

2. Letakkan Semua Barang ke Tempat Semula dalam 35 Menit

Selain mempersiapkan pembersih lantai paling wangi dan segala peralatan lainnya. Kegiatan pertama dalam bersih-bersih adalah merapikan, maksudnya meletakkan kembali barang ke tempat semula. Misalnya, kotak tisu yang berpindah dari tengah meja ke sofa, bantal-bantal sofa, remote televisi, dan benda lainnya.

Setidaknya sediakan waktu 35 menit untuk mengembalikan semua barang di setiap ruangan ke tempat semula. Ini estimasi waktu apabila ruangan di rumah hanya terdiri dari 5 sampai 6 ruangan saja. Apabila lebih besar, Anda memerlukan waktu lebih banyak dan sebaiknya tidak melakukan kegiatan bersih-bersih seorang diri.

3. Bersihkan Ruangan Demi Ruangan dalam 2 Jam

Ketika bersih-bersih Anda juga harus melakukannya dari ruangan ke ruangan, pasalnya apabila pembersihan dilakukan per ruangan akan mempersingkat waktu juga menjadikan pekerjaan fokus pada satu tempat.

Anda bisa membersihkan debu, menyapu lantai, hingga mengepel per ruangan. Namun, untuk ruangan tertentu bisa mengabaikan penggunaan pel lantai. Estimasi waktu pembersihan ruangan adalah 2 jam.

4. Bersihkan Dapur dalam 1 Jam

Dapur memang seringkali menjadi tempat yang paling menyita waktu dalam kegiatan bersih-bersih. Karena itu, harus menyediakan waktu khusus untuk membersihkannya. Anda bisa memulai dengan membersihkan kulkas, kompor, kemudian memeriksa bahan makanan. Pastikan semua bahan yang kedaluwarsa disingkirkan dari dapur.

Setelah itu bersihkan peralatan masak, lap semua permukaan dan dinding, kemudian bersihkan bagian lantai dapur. Gunakan pembersih lantai khusus agar tetap benar-benar bersih dan wangi. Waktu 1 jam akan cukup untuk melakukan semua kegiatan ini.

5. Buang Sampah dan Menyemprotkan Pewangi Ruangan dalam 15 Menit

Lanjut pada langkah terakhir, yaitu membuang sampah. Kegiatan bersih-bersih memang selalu menghasilkan sampah yang harus dibuang. Masukan semua ke dalam kantong sampah dan bedakan sesuai jenisnya.

Selanjutnya, buang sampah ke gerobak sampah atau jika ada petugas pengangkut sampah setiap pagi, maka hanya perlu diletakkan di depan pagar rumah saja. Pastikan kantong sampah terikat sehingga mudah diangkut.

Selanjutnya gunakan pewangi ruangan untuk menyemprot setiap ruangan. Apabila sudah menggunakan alat pewangi otomatis, maka kegiatan ini bisa diskip dan ganti dengan pengecekan ulang tiap ruangan untuk memastikan benar-benar bersih.

Nyatanya, untuk rumah yang tidak terlalu besar Anda hanya butuh 4 jam saja membersihkannya. Tentunya, dengan menggunakan langkah-langkah yang efektif dan efisien. Jangan lupa, menyertai acara bersih-bersih dengan produk pembersih lantai paling wangi yang bisa dibeli di toko online kesayangan Anda. Cukup pesan dan akan diantar ke rumah. Bahkan bisa dapat berbagai penawaran menarik juga.