4 Langkah Ampuh Usir Ketombe

September 12, 2019 0 By admin

Tidak hanya serpihan putih yang tampil di rambut, ketombe dapat juga mengakibatkan rasa gatal pada kulit kepala. Rasa gatal ini seringkali membuat penderitanya tidak nyaman serta pada akhirnya menggaruk. Bila digaruk sering atau begitu keras, kulit kepala dapat cedera, berdarah, serta rawan terinfeksi.

Oleh karenanya, sebelum permasalahan ini makin bersambung, lakukan langkah menangani ketombe di bawah ini:

1. Bersihkan rambut dengan teratur

Salah satunya langkah menangani ketombe dengan membersihkan rambut dengan teratur, ditambah lagi bila rambut Anda type yang gampang berminyak. Dengan membersihkan rambut dengan teratur, beberapa sel kulit mati serta kotoran yang melekat di kulit kepala bisa terangkat.

Tetapi, jauhi membersihkan rambut sering, sebab rutinitas ini dapat hilangkan minyak alami yang berada di rambut serta kulit kepala. Mengakibatkan, kulit kepala jadi kering serta ketombe akan makin kronis.

2. Pakai shampo antiketombe

Untuk menangani ketombe, Anda dapat memakai shampo antiketombe. Shampo antiketombe biasanya memiliki kandungan zinc pyrithione, ketoconazole, asam salisilat, serta selenium sulfida.

Di samping menangani ketombe, shampo antiketombe dapat juga menurunkan beberapa gejala yang dikarenakan oleh ketombe, terhitung rasa gatal pada kulit kepala.

3. Gunakan tea tree oil

Tidak hanya untuk menyembuhkan jerawat, tea tree oil dapat digunakan untuk menangani ketombe. Tea tree oil dapat kurangi perkembangan jamur pemicu ketombe serta kurangi rasa gatal yang diakibatkan.

Untuk manfaatkan tea tree oil jadi “obat” ketombe, Anda bisa mencampurkan tea tree oil murni dengan shampo yang biasa dipakai. Langkah yang lain dengan memoleskan minyak tea tree oil murni yang sudah dicampurkan dengan lidah buaya ke kulit kepala dengan rata. Seterusnya, pijat dengan lembut sepanjang beberapa waktu serta basuh sampai bersih.

Tetapi ingat, bila Anda tertarik untuk memakainya, berikan dahulu trea tree oil ke kulit lengan serta nantikan reaksinya dalam 24 jam. Bila kulit lengan kelihatan memerah, semestinya jangan pakai bahan ini sebab mungkin Anda alergi.

4. Berikan minyak kelapa

Satu bahan yang dipercaya dapat menurunkan keluhan ketombe ialah minyak kelapa. Triknya, berikan minyak kelapa ke kulit kepala, diamkan sepanjang beberapa waktu untuk pastikan minyak terserap ke rambut serta kulit kepala, selanjutnya bersihkan serta basuh sampai betul-betul bersih. Minyak kelapa dapat membuat kulit kepala lebih lembap, hingga bisa menangani permasalahan kulit kepala kering serta ketombe.

Tidak hanya dengan beberapa langkah menangani ketombe di atas, Anda dapat manfaatkan minyak zaitun, lidah buaya, serta baking soda untuk menangani ketombe. Tetapi bila ketombe tidak hilang atau malah makin bertambah jelek, konsultasikanlah dengan dokter untuk memperoleh perlakuan yang pas.