3D Pen, Solusi Mutakhir Ubah Imajinasi Jadi Nyata

February 18, 2020 0 By admin
3D-Pen-Solusi-Mutakhir-Ubah-Imajinasi-Jadi-Nyata

Foto dari Canva Photos Unlimited

Teknologi semakin berkembang hingga diproduksilah 3D Pen. Apakah itu? Produk berteknologi baru yang mutakhir ini mampu mengubah imajinasi menjadi nyata. Sebuah pena canggih ini mampu mengeluarkan plastik panas atau hangat untuk membentuk suatu benda dalam bentuk 3D yang dapat dipegang. Jadi, Anda bisa membentuk struktur 3D di udara dengan cara instan.

Komponen 3D Pen

Sebelum membeli dan menggunakannya, Anda perlu mengetahui dan memahami terlebih dahulu komponen pena canggih ini. Dengan memahami komponennya, cara menggunakan pena ini dapat lebih diterapkan lebih mudah.

  • Body Pen

Body pen adalah bagian badan pena yang menampung filament yaitu bahan dasar untuk 3D printing. Desain body pen ini juga nyaman karena ukurannya yang sedang dan ringan. Untuk memilihnya, Anda bisa melihat spesifikasi dengan desain terbaik.

  • Nozzle Pen

Bagian penting berikutnya adalah nozzle pen. Bagian ini berupa moncong pulpen yang mengeluarkan serta mencetak filament yang panas untuk kemudian dibentuk sesuai rancangan. Anda bisa berkreasi sesuai keinginan.

  • Power Indicator & Heating Indicator

Komponen pena selanjutnya adalah indikator kelistrikan serta pemanasan filamen yang disebut power indicator & heating indicator. Keduanya sangat perlu diperhatikan kestabilannya demi kelancaran pembuatan bentuk 3D.

  • Speed Controller

Bagian lainnya yang tak kalah penting adalah speed controller yang berfungsi mengatur kecepatan filament yang keluar dari nozzle pen. Pengaturan kecepatan ini sangat memudahkan dalam membuat bentuk 3D sesuai kebutuhan.

  • Temperature Controller

Pengaturan berikutnya adalah dalam hal suhu. Temperature controller dapat mengatur suhu filamen yang keluar dari nozzle pen, sehingga dapat memilih pengeringan cepat (fast dry) atau mode lambat (slow dry).

  • Electric Port

Komponen berikutnya adalah kabel listrik yang menghubungkan pena ke colokan atau sumber aliran listrik. Pastikan aliran listriknya stabil demi kelancaran pembuatan struktur 3D sesuai imajinasi dan kreasi Anda. Hasilnya juga akan optimal.

  • Filament

Sudah dibahas sebelumnya bahwa filament adalah komponen dasar sebagai bahan 3D printing. Umumnya, filamen terbuat dari plastik dengan bentuk yang memanjang. Agar proses pembuatannya lancar, sediakan filament yang memadai.

Demikianlah berbagai komponen dari 3D Pen yang pastinya sangat memudahkan Anda dalam membuat struktur 3D dengan akurat sesuai imajinasi. Teknik 3D printing dengan pena canggih ini juga mempunyai sistem kerja yang mudah dipelajari dan dipraktikkan, termasuk bagi pemula.